SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NILAI MATAKULIAH KEAHLIAN BERKARYA, SERTA PERAN DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN DAN GURU PAMONG TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI FE UM ANGKATAN TAHUN 2007

DWI UTARI YUNIASIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuniasih, Dwi Utari. 2010. Pengaruh Nilai Matakuliah Keahlian Berkarya serta Peran Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong Terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FE UM Angkatan 2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (1) DR. Sunaryanto, M.Ed., (2) Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: PPL, MKB, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Guru Pamong.

Prestasi PPL mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah kemampuan dasar dan pengalaman yang relevan dengan PPL dalam hal ini adalah Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), serta peran Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong sebagai pembimbing, pengawas sekaligus penilai dalam pelaksanaan PPL. Namun kebenaran ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh nilai MKB, serta Peran Dosen Pembimbing Lapangan, dan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM Angkatan Tahun 2007 baik secara parsial maupun simultan ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh nilai MKB, serta Peran Dosen Pembimbing Lapangan, dan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM Angkatan Tahun 2007, baik secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi FE UM Angkatan Tahun 2007 yang berjumlah 96 mahasiswa, dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling yaitu mahasiswa yang telah menempuh matakuliah MKB dan program PPL pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis deskriptif persentase dan teknik Regresi Berganda dengan 3 prediktor. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS Versi 15.00.

Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial didapat hasil yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai MKB, serta Peran Dosen Pembimbing Lapangan, dan Guru Pamong terhadap Prestasi PPL baik secara parsial maupun simultan. Dengan sumbangan secara simultan sebesar 47,4%, sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Nilai MKB merupakan modal berharga bagi pencapaian prestasi PPL demikian juga bimbingan, pengawasan dan penilaian oleh Guru Pamong. Sedangkan peran DPL tidak signifikan mempengaruhi prestasi PPL mahasiswa karena waktu pembimbingan yang diberikan oleh DPL relative lebih sedikit kepada mahasiswa praktikan serta kontribusi penilaian dari DPL yang sangat kecil. Namun demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para DPL, dan Guru Pamong untuk lebih meningkatkan kualitas pembimbingan kepada mahasiswa praktikan agar pencapaian prestasi PPL mahasiswa lebih optimal .