SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.

Fironike Primata Dhaniyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Primata, Fironike Dhaniyanti. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Prodi S1 Pendidikan Akuntansi. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si.Ak. (II) Satia Nur Maharani,S.E., M.Si.Ak.

 

Kata Kunci: Persepsi, Kompetensi Profesional Guru, Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensi guru diantaranya adalah kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa, (2) kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa, (3) motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (4) kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa, (5) kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karangan sebanyak 150 siswa. Teknik pengambilan sampel  adalah teknik (proportional random sampling) sehingga diperoleh sampel berjumlah 45 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  kompetensi profesional  guru, kompetensi pedagogic guru, variabel interveningnya adalah motivasi belajar, dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).

Analisis data dengan path analysis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 16. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan sebesar 0,345, (2) terdapat pengaruh positif signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan sebesar 0,497, (3) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan sebesar 0,375, (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif signifikan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan sebesar 0,133, (5) terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Karangan sebesar 0,186.

Disarankan kepada: (1) pihak kepala sekolah agar tetap memberikan pengawasan dan pembinaan terhadap guru (2) pihak guru lebih meningkatkan kompetensinya  sehingga dapat meningkatkan motivasi dan  prestasi siswa, (3) untuk siswa diharapkan  lebih meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan baik, (4) penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.