SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang

Kris Dian Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani, Kris Dian. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M. Ak, Pembimbing (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: pembelajaran metode Role Playing Problem Posing, motivasi belajar, hasil belajar.

Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode role playing problem posing, motivasi belajar siswa menjadi hal yang penting untukditumbuhkan, dikembangkan, dan dirawat. Dengan penerapan metode ini, siswa diharapkan tidak hanya menerima materi pembelajaran tetapi mereka juga dilatih untuk aktif berfikir secara kritis, mampu melihat suatu permasalahan yang patut untuk dikritisi dan diselesaikan secara cerdas, serta lebih bersemangat. Selain itu siswa dapat memiliki kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan adverbial.Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, maka diprediksikan hasil belajar juga akan meningkat. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema metode pembelajaran mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa.  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode role playing problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa,pada mata pelajaran akuntansi. Ada 2 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu: (1) motivasi belajar peserta didik dan (2) hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung yang salah satunya adalah lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar yang dicapainya bermakna bagi dirinya sendiri dan akan tahan lama dalam ingatannya dan membentuk perilaku yang dapat digunakan sebagai alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan lainnya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Malang. Adapun subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 26 orang, sebanyak 13 orang ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode role playing dan sebanyak 13 orang sisanya sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode role playing problem posing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan posttest. Kedua instrumen ini diberikan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil uji t indendent sample two tailed pada variabel motivasi belajar dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara metode role playing vproblem posing terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan berdasarkan hasil uji U Man Whitney pada variabel hasil belajar siswa menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antar kelas yang diajar dengan metode role playing dan metode role playing problem posing sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara metode role playing problem posing terhadap hasil belajar yang berarti metode role playing problem posing tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru harus meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan metode pengajaran yang lebih kreatif agar siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Siswa juga harus berusaha untuk menumbuhkembangkan motivasi belajarnya.(3) peneliti selanjutnya, diharapkan mampu menerapkan metode pembelajaran yang tidak monoton dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa dapat termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar dan selanjutnya hasil belajar mereka dapat meningkat.