SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Malang

DWI HANDAYANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani, Dwi. 2010. Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dyah Aju Wardhani. M, Si. Ak, (II) Dr. Puji Handayati, SE, M.M. , Ak

 

Kata Kunci : Ketersediaan Fasilitas belajar di sekolah, motivasi belajar siswa, Prestasi belajar

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dan dianggap paling utama dalam kehidupan manusia dan dapat memberi bekal hidup kepada peserta didik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai tempat proses belajar mengajar, sekolah harus menyediakan fasilitas belajar di sekolah yang menunjang untuk belangsungnya proses belajar tersebut. Fasilitas belajar yang lengkap dapat memunculkan motivasi dalam melakukan aktivitas belajar yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan belajar siswa, sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan fasilitas belajar yang lengkap tetapi juga motivasi belajar yang besar dari siswa itu sendiri. Berdasarkan paparan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Malang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif  korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 (empat) alternatif  jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dari pengolahan data melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa pada variabel ketersediaan fasilitas belajar di sekolah (X1) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Pada variabel motivasi belajar siswa juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan berdasarkan dari nilai Fhitung   (15,870) dan tingkat sig.(0,000) < (0,05). Jadi secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,328 atau sebesar 32,8%  yang berarti bahwa 32,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya sebesar 67,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas belajar di sekolah. (2) guru hendaknya memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak didiknya agar lebih memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah. (3) Siswa hendaknya dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah dan meningkatkan motivasi belajarnya. (4) Bagi peneliti lain disarankan menggunakan wilayah populasi dan sampel yang lebih luas.