SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH CASH, LONG TERM LIABILITY DAN INVESTMENT OPPORTUNITY TERHADAP CAPITAL EXPENDITURE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2008)

Widya Kharisma Iswardhana

Abstrak


ABSTRAK

 

Iswardhana, Widya Kharisma. 2010. Pengaruh Cash, Long Term Liability dan Investment Opportunity Terhadap Capital Expenditure (Studi Empiris Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr.Puji Handayati, S.E.,M.M., Ak. (II) Dr. Tuhardjo, S.E, M.Si., Ak.

 

Kata kunci : cash, long term liability, investment opportunity, capital expenditure, pecking order theory.

Capital expenditure adalah salah satu bagian dari investasi yang sangat penting dalam perusahaan. Capital expenditure terkadang dikaitkan dengan kinerja perusahaan, karena diharapkan semakin tinggi capital expenditure maka semakin baik pula kinerja keuangan perusahaan tersebut. Dana yang diperlukan untuk capital expenditure berasal dari berbagai sumber baik internal maupun eksternal. Alternatif pembiayaan internal adalah penggunaan saldo laba perusahaan sedangkan alternatif pembiayaan eksternal adalah melalui hutang dan melalui penerbitan saham. Tujuan penelitian ini adalah menguji sejauh mana capital expenditure dipengaruhi oleh cash, long term liability dan investment opportunity.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang didapat dari data sekunder berupa jumlah ketersediaan kas, hutang jangka panjang, nilai kesempatan investasi dan jumlah pengeluaran modal suatu perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan food and beverages yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006-2008 dan sampel yang diambil sesuai dengan kriteria yang digunakan dalam purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi karena disesuaikan dengan rumusan hipotesis yang menduga bahwa cash long term liability dan invesment opportunity berpengaruh terhadap capital expenditure. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dalam variabel cash, long term liability dan invesment opportunity terhadap capital expenditure, baik secara parsial maupun simultan. Jumlah kas dan hutang jangka panjang sebagai sumber pembiayaan internal dan eksternal dalam suatu perusahaan akan menyebabkan usaha monitoring pendanaan modal suatu perusahaan lebih meningkat, serta semakin besar kesempatan investasi yang menguntungkan suatu perusahaan akan semakin besar capital expenditure yang akan dikeluarkan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar penelitian selanjutnya dalam melakukan pengukuran capital expenditure hendaknya tidak hanya berdasarkan pada nilai buku aktiva tetap awal dan akhir periode tetapi juga memperhatikan ada tidaknya pelepasan aktiva tetap selama periode tersebut.