SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Menguji Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 9 Malang

Dian Fitria Handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Handayani, Dian Fitria. 2010.  Menguji Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak., Pembimbing II: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Kegiatan Intrakurikuler, Kegiatan Ekstrakurikuler, Hasil Belajar.

Kegiatan sekolah merupakan kegiatan yang dilakukan siswa di luar jam belajar dalam rangka mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki siswa. Kegiatan di sekolah sendiri terdiri dari kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan belajar yang mengacu dan mendukung pada program kurikulum dan dilakukan di luar sekolah, seperti mengikuti belajar kelompok rutin bersama teman sekelas, bisa juga yang mengikuti bimbingan belajar dalam lembaga pendidikan. Kegiatan ekstrakurikuler berarti kegiatan di luar program kurikulum dalam rangka peningkatan optimalisasi potensi diri siswa.

Kegiatan sekolah sering dijadikan sebagai salah satu faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa. Padahal menurut teori motivasi tiga kebutuhan dari McClelland, kegiatan sekolah bisa dijadikan sebagai pendongkrak motivasi untuk meningkatkan hasil belajar karena dengan mengikuti kegiatan sekolah siswa bisa memenuhi salah satu dari teori tersebut dan kegiatan sekolah bisa dijadikan sebagai tempat menerima rangsangan yang baik.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kegiatan sekolah dari siswa yang mengikuti kegiatan intrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar akuntansi. Serta apakah terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang mengikuti kegiatan intrakurikuler dan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.   Pengujian hipotesis menggunakan analisis Paired Sample T-test dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari kegiatan intrakurikuler terhadap hasil belajar akuntansi, sebaliknya terdapat pengaruh negatif signifikan dari  kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar akuntansi, dan terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang mengikuti kegiatan intrakurikuler dan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Adapun saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah Ada baiknya pengukuran hasil belajar tidak hanya dari mata pelajaran akuntansi, misalnya dari nilai raport sesungguhnya supaya bisa lebih diketahui nilai siswa yang sebenarnya. Ada baiknya apabila akan mengadakan penelitian sejenis, disarankan variabel yang diteliti lebih diperluas misalnya minat belajar, motivasi belajar, dan variabel lain sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi banyak pihak.