PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN (FAKULTAS EKONOMI), KEBIASAAN BELAJAR DAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Abstrak
ABSTRAK
Nurwiyana, Tedi Dwi. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas Ekonomi, Kebiasaan Belajar dan Emotional Quotient (EQ) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dyah Aju Wardhani SE., M.Si., Ak. (2) Dr. Hj. Puji Handayati, SE., M.M,. Ak.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Kebiasaan Belajar, Emotional Quotient, dan Prestasi Belajar.
Produktivitas tingkat kelulusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang pada tahun akademik 2006-2007 mengalami penurunan sebesar 1.07% dibandingkan tahun akademik sebelumnya. Pada tahun akademik 2007-2008 terjadi kenaikan sebesar 5,22% sebesar 29,53 dan pada tahun akademik 2008-2009 produktivitas tingkat kelulusan turun menjadi 23,28%. Naik turunnya nilai produktivitas tingkat kelulusan mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang perlu menjadi perhatian, terutama pada komponen-komponen pembelajaran yang ada di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang dikhususkan pada pengaruh pemanfaatan perpustakaan fakultas ekonomi, kebiasaan belajar, dan Emotional Quotient (EQ) terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun Angkatan 2007/2008 dengan diperoleh sampel sebanyak 92 responden yang dipilih berdasarkan Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup yang diberikan langsung kepada responden, sedangkan untuk skala pengukurannya dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda uji t dan uji F
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan perpustakaan fakultas ekonomi, kebiasaan belajar, Emotional Quotient (EQ) secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar, (2) pemanfaatan perpustakaan fakultas ekonomi, kebiasaan belajar, Emotional Quotient (EQ) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan peneliti selanjutnya menambah variabel – variabel bebas selain yang terdapat dalam penelitian ini dikarenakan masih terdapat prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. Variabel lain misalnya faktor jasmaniah, spiritual, konsentrasi, motivasi, dan Intelligence.