SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH JUMLAH DEWAN KOMISARIS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009)

Muhamad Yanuar Hendro Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Muhamad Yanuar Hendro. 2010. “Pengaruh Jumlah Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba” (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Periode 2007-2009). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Nurika Restuningdiah, S.E., Ak.  M.Si. (II) Triadi Agung Sudarto, S.E., Ak, M.Si.

 

Kata Kunci: Jumlah Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Manajemen Laba.

 

            Laporan keuangan merupakan penghubung antara pihak manajemen dengan pihak di luar perusahaan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan. Asimetri informasi yang terjadi antara manajemen dengan pihak di luar perusahaan telah dimanfaatkan manajemen untuk melakukan manajemen laba dengan berbagai maksud dan tujuan. Tindakan manajemen laba tersebut dapat dikendalikan atau diminimalkan dengan penerapan corporate governance yang konsisten serta kebijakan leverage yang ada didalam  perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah dewan komisaris, kepemilikan institusional, dan leverage terhadap manajemen laba. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Sefiana (2009) yang meneliti tentang pengaruh corporate governance terhadap manajemen laba. Penelitian  ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen secara parsial serta mencari variabel mana yang memiliki hubungan paling dominan terhadap Manajemen laba.

Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur periode 2007 sampai 2009. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dan uji t untuk menguji hipotesis yang diajukan..

            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel jumlah dewan komisaris dan leverage berpengaruh positif secara signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah dalam penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan periode waktu yang lebih panjang dan menggunakan sampel perusahaan lain seperti LQ-45 dan perbankan, selain itu sebaiknya penelitian selanjutnya menggunakan variabel corporate governance yang lain seperti dewan direksi dan komite audit.