SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Baca Literatur Akuntansi dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Siklus Akuntansi yang Dimediasi Oleh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Program Keahlian Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Malang

Vanny Andjani

Abstrak


ABSTRAK

 

Andjani, Vanny. 2010. Pengaruh Minat Baca Literatur Akuntansi dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Siklus Akuntansi yang Dimediasi Oleh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Program Keahlian Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj. Yuli Widiastuti, S.E., M.Si, Ak. (2) Sri Pujiningsih, S.E, M.Si.Ak.

 

Kata Kunci: Minat Baca Literatur Akuntansi, Keaktifan Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Hasil belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis ini akan ditujukan sebagai variabel intervening hubungan antara minat baca dengan hasil belajar siswa serta variabel intervening hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar siswa. Sehingga dapat terlihat kemampuan berpikir kritis menjadi variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel dependen (hasil belajar siswa) dengan variabel independennya (minat baca literatur akuntansi dan keaktifan belajar siswa).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara minat baca dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar melalui kemampuan berpikir kritis siswa program keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Akuntansi SMKN 1 Malang dengan jumlah total 161, sehingga sampel yang digunakan adalah 80 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai rata-rata ulangan harian siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat baca literatur akuntansi (X1), keaktifan belajar (X2) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa mata pelajaran siklus akuntansi kelas X program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Malang (Y) dengan variabel kemampuan berpikir kritis siswa sebagai variabel intervening (Z).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh minat baca literatur akuntansi terhadap hasil belajar, 2) terdapat pengaruh minat baca literatur akuntansi terhadap hasil belajar melalui kemampuan berpikir kritis siswa, 3) terdapat pengaruh kekatifan belajar terhadap hasil belajar, 4) terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar melalui kemampuan berpikir kritis siswa, 5) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (a) guru terus memberikan dorongan kepada siswa untuk meningkatkan minat bacanya sehingga pengetahuan siswa bertambah, (b) guru dan siswa bersama-sama meningkatkan keaktifan belajar dalam proses belajar mengajar agar pembelajaran bisa dicapai secara maksimal.