SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Pelaksanaan Pekerjaan Kuda-Kuda Baja dan Analisa Biaya Pada Proyek Pembangunan Gudang 30x120m Milik PT. Panverta Cakra Kencana, Pandaan-Pasuruan.

Arif Maulana

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulana, Arif. 2010. Studi Pelaksanaan Pekerjaan Kuda-Kuda Baja dan Analisa Biaya Pada Proyek Pembangunan Gudang 30x120m Milik PT. Panverta Cakra Kencana, Pandaan-Pasuruan. Proyek Akhir, Prodi D3 Teknik Sipil dan Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Drs. Prijono Bagus Susanto, ST., MT.

 

Kata Kunci: studi, pelaksanaan, analisa, biaya, kuda-kuda baja.

            Kuda-kuda merupakan salah satu komponen struktur yang penting dalam mendirikan sebuah bangunan, karena kuda-kuda merupakan rangka pendukung utama atap yang juga akan memberikan kekuatan, keindahan dan kenyamanan dalam bentuk. Kuda-kuda juga pada umumnya merupakan suatu konstruksi penyangga atau pendukung utama dari konstruksi atap sehingga kuda-kuda dibuat menyerupai bentuk atap. Bahan untuk kuda-kuda ada bermacam-macam antara lain; kayu, baja, dan beton. Penggunan bahan baja lebih praktis dalam pemasangannya dan ekonomis bila dibandingkan dengan bahan kayu ataupun beton, walaupun harganya relatif mahal tetapi faktor keamanannya lebih terjamin. Jenis profil baja yang digunakan untuk konstruksi sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan.

Studi lapangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pelaksanaan konstruksi kuda-kuda baja, tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi kuda-kuda baja, beserta perbedaan biaya yang terjadi. Pada studi ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi kuda-kuda baja di lapangan.

Metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan memeriksa kelengkapan data. Data tersebut kemudian akan dibandingkan dengan kajian pustaka sehingga dapat diambil kesimpulan dan saran.

Hasil studi pelaksanaan kuda-kuda baja adalah sebagai berikut. Tahapan pekerjaan kuda-kuda baja dimulai dari pekerjaan pengukuran profil baja, pemotongan, penyambungan, perakitan dan pemasangan konstruksi kuda-kuda baja serta analisa biaya. Hasilnya biaya perencanaan lebih besar dari pada biaya pelaksanaan, itu dapat dibuktikan dari rekapitulasi biaya dari kontraktor dengan hitungan penulis sendiri. Rekapitulasi biaya dari RAB kontraktor  untuk pekerjaan konstruksi kuda-kuda baja adalah Rp 727.784.275,00. Sedangkan hitungan penulis untuk perhitungan konstruksi kuda-kuda baja adalah Rp 665.592.240,00. Jadi selisih biaya antara hitungan kontraktor dengan penulis adalah Rp 62.192.035,00

Berdasarkan studi ini dapat disarankan dengan kelancaran kerja yang baik akan membantu kelancaran pelaksanaan dan penghematan dalam penggunaan sumber tenaga, material, peralatan, dan biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek.