SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI TINGKAT KESIAPAN DAN TINGKAT PARTISIPASI PENYEDIA JASA PELAKSANA KONSTRUKSI DI KABUPATEN TRENGGALEK TERHADAP SISTEM LELANG ELEKTRONIK (E-PROCUREMENT)

Rizky Andika Putra

Abstrak


ABSTRAK

Putra, Rizky, Andika. 2017. Identifikasi Tingkat Kesiapan Dan Tingkat Partisipasi Penyedia Jasa Pelaksana Konstruksi Di Kabupaten Trenggalek Terhadap Sistem Lelang Elektronik (E-procurement). Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparno, S.T., M.T., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata kunci: Partisipasi, Kesiapan, Lelang Elektronik

 

Lelang merupakan suatu proses pengajuan penawaran yang dilakukan oleh penyedia barang dan jasa yang dilakukan dengan tahapan-tahapan tertentu. Perubahan sistem lelang konvensional menjadi sistem lelang elektronik membuat penyedia jasa pelaksana konstruksi harus mempersiapkan berbagai aspek seperti sdm dan insfrastrukturnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan dan tingkat partisipasi penyedia jasa pelaksana konstruksi di Kabupaten Trenggalek terhadap sistem lelang elektronik (e-procurement).

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 134 kontraktor diambil sampel menjadi 40 perusahaan yang terdiri dari  2  perusahaan menengah dan 38 perusahaan kecil.  Sampel diambil berdasarkan Cluster proporsional sampling adalah cara pengambilan sampel yang berdasarkan pada cluster-cluster tertentu. Cluster ini terdiri dari 4 cluster sesuai pembagian daerah di Kabupaten Trenggalek.  Pada Cluster 1 diambil 12 reponden yang berarti 30% dari penentuan jumlah sampel, Cluster 2 diambil 8 reponden yang berarti 20% dari penentuan jumlah sampel, Cluster 3 diambil 14  reponden yang berarti 35% dari penentuan jumlah sampel, dan  Cluster 4 diambil 6 reponden yang berarti 15% dari penentuan jumlah sampel. Cluster 3 menjadi yang terbanyak  karena populasi kontraktor pada daerah tersebut paling besar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi.

            Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil simpulan sebagai berikut: (1) Tingkat kesiapan pada penyedia jasa pelaksana konstruksi di Kabupaten Trenggalek masuk dalam kategori siap, (2) Tingkat partisipasi pada penyedia jasa pelaksana konstruksi di Kabupaten Trenggalek masuk dalam kategori aktif berpartisipasi, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesiapan dan tingkat partisipasi terhadap sistem lelang elektronik di Kabupaten Trenggalek.