SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Pedagogik Guru Produktif dan Kondisi Lingkungan Terhadap Minat Kerja dan Dampaknya pada Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Sidoarjo

laksmono wahyudi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) diskripsi variabel kinerja pedagogik guru produktif, kondisi lingkungan, minat kerja, dan hasil  belajar siswa di SMKN 1 Sidoarjo; (2) pengaruh kinerja pedagogik guru produktif terhadap minat kerja siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo; (3) pengaruh kondisi lingkungan terhadap minat kerja kerja siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo; (4) pengaruh kinerja pedagogik guru produktif terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo; (5) pengaruh kondisi lingkungan terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo; (6) pengaruh minat kerja terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo.

Desain penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian regresi dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis jalur atau pats analisis dengan menggunakan model trimming.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) kinerja pedagogik guru produktif memiliki nilai rata-rata 73%, kondisi lingkungan memiliki nilai rata-rata 71%, minat kerja memiliki nilai rata-rata 77%, dan hasil belajar memiliki nilai rata-rata 75%. (b) Analisis hipotesis meyatakan yaitu (1) tidak terdapat pengaruh antara kinerja pedagogik guru produktif terhadap minat kerja siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo (β = -0,112). (2) tidak terdapat pengaruh antara kondisi lingkungan terhadap minat kerja siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo (β = 0,194). (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja pedagogik guru produktif terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo (β = 0,294). (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi lingkungan terhadap hasil belajar jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo (β = 0,274). (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat kerja terhadap hasil belajar jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Sidoarjo (β = 0,282).