SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kuat Lekat Tulangan Bambu Petung Dengan Variasi Jenis Bahan Lapisan Pada Beton Geopolimer

BAGUS SETYA PRABOWO

Abstrak


ABSTRACT

 

Beton bertulang merupakan elemen struktur bangunan yang telah banyak dikenal serta banyak dimanfaatkan sampai saat ini namun penggunan baja (bijih besi) yang terus menerus, juga semakin terbatasnya bahan dasar dan tidak mungkin diupayakan peningkatan produksinya karena temasuk sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Bambu dipilih sebagai alternatif tulangan pada beton karena merupakan hasil alam yang renewable, serta memiliki kuat tarik yang cukup tinggi yang hampir setara dengan baja.Salah satu persyaratan dalam struktur beton bertulang adalah adanya lekatan antara tulangan dengan beton. Hilangnya lekatan antara beton dengan tulangan pada struktur dapat mengakibatkan keruntuhan total pada balok. Untuk menghindari hal tersebut perlu ditinjau nilai kuat lekat tulangan dengan beton dan nilai kuat leleh tulangan agar diperoleh keseimbangan gaya antar tulangan dengan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat lekat tulangan bambu petung dengan variasi lapisan pada beton geopolimer. Dengan membuat penguatan lapisan pada tulangan bambu diharapkan dapat mengurangi penyusutan pada luas permukaan bidang geser (skin friction) yang saling mengunci antara tulangan dengan beton.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian exsperimen laboraturium,dengan benda uji berupa silinder beton diameter 100 mm dengan tinggi 200 mm, di bagian tengah benda uji ditanam tulangan dengan panjang penanaman 150 mm. Tulangan berupa bambu petung dan baja, dengan 3 variasi jenis bahan lapisan pada tulangan bambu yaitu tulangan bambu petung dengan penguatan (coating) berlapis cat alkyd resin,vernis, dan lem epoxy. Kemudian dibandingkan hasilnya dengan tulangan baja polos diameter 10 mm.

Dari hasil pengujian, diperoleh nilai rerata kuat lekat lekat tulangan baja Ø 10 mm pada beton geopolimer sebesar 0,5295 M.Pa. Nilai rerata kuat lekat tulangan bambu petung polos (BP) pada beton geopolimer sebesar 0,146 M.Pa, tulangan bambu petung berlapis alkyd resin sebesar 0,320Mpa, tulangan bambu petung berlapis vernis sebesar 0,226 M.Pa dan tulangan bambu petung berlapis lem epoxy sebesar 0,376 M.Pa. Pemberian lapisan alkyd resin pada permukaan tulangan bambu petung dapat meningkatkan nilai kuat lekat sebesar 54% dari nilai kuat lekat tulangan bambu petung polos pada beton geopolimer,Pemberian lapisan vernis pada permukaan tulangan bambu petung dapat meningkatkan nilai kuat lekat sebesar 35% dari nilai kuat lekat tulangan bambu petung polos pada beton geopolimer.Pemberian lapisan lem epoxy pada permukaan tulangan bambu petung dapat meningkatkan nilai kuat lekat sebesar 61% dari nilai kuat lekat tulangan bambu petung polos pada beton geopolimer.