SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran di Dalam Kelas dan di Luar Kelas (Outdoor Study) untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Kelas XI SMKN 2 Probolinggo

MIFTAHUL MU'ID

Abstrak


ABSTRACT

 

Muid, Miftahul. 2017. PenerapanPembelajaran di DalamKelasdan di LuarKelas (Outdoor Study) untukMeningkatkanPrestasiSiswapada Mata Pelajaran Gambar Interior danEksteriorBangunanKelas XI SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Program StudiS1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono, M.Pd. (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci :  Pembelajaran di DalamKelas, Pembelajaran di LuarKelasdanPrestasiBelajar

 

Dalamkegiatanbelajarmengajarseringdijumpaiberbagaimasalah, salah satunyayaituadanyasiswa yang bosanterhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Akibatnyasiswasulitmemahamimateripembelajaran, danprestasibelajarrendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranGambar Interior danEksteriorBangunan. Selainitu, penelitianini juga bertujuanuntukmeningkatkan proses pembelajarandanmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.

Penelitianinitermasukjenispenelitiantindakankelas (PTK) yang dilakukanselama 2 siklusdanmasing-masingsiklusmenggunakanperpaduanpembelajaran di dalamkelasdan di luarkelas.Subjekpenelitianadalah siswa kelas XI TGB-2 SMK Negeri 2 Probolinggosebanyak 27 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakanmeliputites, observasiaktivitassiswa, observasipelaksanaanpembelajarandanwawancara. Pengujiansoaltessendirimenggunakanujivaliditasdanujireliabilitas.

Hasil analisis data menyatakan (1)Rata-rata kelaspadakondisiawalyaitu 72,78, padasiklus I sebesar 84,44 danpadasiklus II mencapai 94,81. (2) Pelaksanaanpembelajaranpadasiklus I mencapaipresentase 74,07% danpadasiklus II mencapaipresentase 86,11%.(3) Keaktifanbelajarsiswapadasiklus I mencapaipresentase 65% danpadasiklus II mencapaipresentase 80 %.Dari hasilanalisis data, dapatdisimpulkanbahwapenerapanperpaduanpembelajaran di dalamkelasdan di luarkelasdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa, meningkatkan proses pembelajarandanmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.