SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN KONTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 6 MALANG

POESPO BAGUS SAMITO

Abstrak


ABSTRACT

 

Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Komponen-komponen pembelajaran tersebut perlu direncanaka, dilaksanakan,dinilai, dan diawasi agar terlaksana secara efektif dan efisien. Komponen tersebut merupakan kegiatan yang saling kait-mengait dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran yang mencakup (kegiatan membuka. Kegiatan inti, kegiatan menutup).

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriftif kuantitatif, dengan data yang diperoleh berupa angket, observasi, dan dokumentasi guru mata pelajaran kontruksi bangunan di SMK Negeri 6 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru termasuk dalam kualifikasi baik. Semua indikator secara keseluruhan sudah dijabarkan dalam RPP, namun terdapat beberapa indikator dalam sebagian RPP yang belum.; dan (2) pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kualifikasi baik. Semua indikator secara keseluruhan sudah dilaksanakan, namun terdapat beberapa indikator dalam sebagian pelaksanaan pembelajaran yang tidak dilaksanakan.