SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TGB 1 SMKN 1 Blitar pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik

Khoirika Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Khoirika. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif                       untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TGB 1                 SMKN 1 Blitar pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik. Skripsi,                        Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil,                    Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Priyono, M.Pd., (II)                     Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kreatif-Produktif, aktivitas, hasil belajar.

 

            Pembelajaran di dalam kelas harus dilakukan secara interaktif antara pengajar dan siswa guna mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan informasi dan data yang diperoleh dari guru mata pelajaran mengambar teknik kelas XI TGB 1 SMKN 1 Blitar menunjukkan bahwa: (1) Siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, (2) Dalam mengerjakan tugas gambar, siswa cenderung malas mengerjakan di sekolah dan lebih memilih dikerjakan di rumah, (3) Dari jumlah 34 siswa kelas XI TGB 1 masih ada 8 siswa (24%) yang masih belum lulus KKM. Kurangnya motivasi dan variasi model pembelajaran guru yang menyebabkan permasalahan di atas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kreatif-produktif merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan model kreatif produktif, (2) meningkatkan aktivitas pembelajaran dalam kelas dengan menggunakan model kreatif-produktif, (3) meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model kreatif-produktif.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan dari dokumentasi, observasi, tes/tugas, dan catatan lapangan. Pelakasanaan penelitian berlangsung selama 2 siklus didasarkan pada tahapan model pembelajaran kreatif-produktif yaitu: orientasi, eksplorasi, interpetasi, rekreasi, dan evaluasi.

 

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siklus 1 ke siklus 2. Ditunjukkan dengan presentase aktivitas belajar siswa yang didapatkan sebesar 67% pada siklus 1 dan 86,9 % pada siklus 2. Sedangkan presentase hasil nilai belajar siswa meningkat dari 58,82% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

            Saran yang diberikan dalam penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk alternative model pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan bisa menjadi referensi peneliti lain untuk dikembangkan.