SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMKN 6 Malang

Wahyu Andika Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran merupakan komponen yang sangat diperlukan pada proses pembelajaran, sehingga materi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Berdasarkan pengamatan oleh peneliti bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik, salah satunya adalah belum memiliki wawasan mengenai gambar konstruksi dan belum menggunakannya media pembelajaran inovatif. Permasalahan yang dikaji pada penelitian dan pengembangan ini, yaitu 1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash ? 2) bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis adobe flash pada mata pelajaran gambar teknik ?

 Rancangan penelitian mengunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research & Development). Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash meliputi: menganalisis produk, mengembangkan produk, validasi ahli materi, media dan revisi, serta uji coba produk skala besar/lapangan. Sedangkan untuk melihat keefektifan media pembelajaran menggunakan Uji Paired Sample T-Test.

Simpulan penelitian 1) prosedur pengembangan media pembelajaran inovatif, a) menganalisis produk, b) mengembangkan produk awal, c) validasi ahli dan revisi, dan d) siap untuk di uji coba skala besar dan revisi. Dari hasil analisis validasi ahli materi diperoleh skor persentase 85% (sangat baik), dari validasi ahli media diperoleh skor persentase 81% (sangat baik), dan dari hasil uji skala besar diperoleh skor persentase sebesar 85% (sangat baik). 2) keefektifan media pembelajaran di uji analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05. Maka disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash efektif digunakan, dengan perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran gambar teknik.

            Saran yang diberikan dalam penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk alternative model pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan bisa menjadi referensi peneliti lain untuk dikembangkan.