SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kajian Praktik Lapangan Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Adit Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Adit. 2017.Pengaruh Kajian Praktik Lapangan Terhadap Mina tMenjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Mujiyono, M.Pd., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Kajian Praktik Lapangan.

 

Universitas Negeri Malang adalah salah satu universitas berbasis keguruan yang mendidik calon-calon guru profesional. Dimana, terdapat  Mata kuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) bertujuan untuk membentuk calon-calon guru profesional dengan melakukan Kajian Praktik Lapangan di SMK. KPL merupakan bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang S1 kependidikan atau untuk menyediakan pengalaman belajar kepada siswa dalam situasi nyata di lapangan dengan upaya mencapai kompetensi secara utuh yang telah ditetapkan.

Para calon guru profesional atau mahasiswa kependidikan tidak hanya menempuh kuliah di perguruan yang berbasis keguruan, akan tetapi harus mempunyai minat menjadi guru yang professional juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara Kajian Praktik Lapangan terhadap minat menjadi guru. Populasi penelitian ini diambil dari mahsiswa angkatan 2013-2014 yang sudah melaksanakan KPL di prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Sampel yang diambil sejumlah 125 responden dan 32 responden untuk uji coba dari total mahasiswa yang sudah mengikuti KPL II sebanyak 166 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling, serta teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1)  Kajian Praktik Lapangan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tergolong kurang dengan persentase 34,4%, 2) Minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang tergolong kurang dengan persentase 36% dan 3) Kajian Praktik Lapangan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Saran bagi mahasiswa KPL II Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam melaksanakan praktik mengajar, serta bagi dosen pembimbing KPL II sebaiknya mempersiapkan mahasiswanya agar menjadi pengajar yang berkualitas saat melaksanakan KPL dan lebih memotivasi mereka agar bisa meningkatkan kompetensi saat melaksanakan KPL.