SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PRESTASI MATAKULIAH PENUNJANG TERHADAP PRESTASI MATAKULIAH PERANCANGAN GEDUNG 1 DAN HAMBATANNYA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Andry Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Andry. 2017. Pengaruh Prestasi Matakuliah Penunjang terhadap Prestasi Matakuliah Perancangan Gedung 1 dan Hambatanya Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. H. Mujiyono, M.Pd. (II) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Prestasi Matakuliah, Matakuliah Penunjang, Matakuliah Perancangan Gedung 1, Hambatan Belajar

 

Matakuliah Perancangan Gedung 1 adalah matakuliah pengetahuan dan keterampilan berbentuk merencanakan struktur bangunan gedung tertutup. Matakuliah ini merupakan salah satu matakuliah dengan tugas besar yang dianggap sulit oleh sebagian besar mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa tidak lulus dalam satu semester, sehingga harus mengulang atau meneruskan pada semester berikutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh matakuliah penunjang terhadap keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas Perancangan Gedung 1 dan hambatan yang dialami pada mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil FT Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini mahasiswa S1 PTB yang sudah memprogram matakuliah Perancangan Gedung 1 angkatan 2013 sebanyak 86 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah Ms. Excel program computer SPSS 17.0.

Hasil analisis menunjukkan dalam prestasi matakuliah penunjang memiliki nilai rata-rata 68,66 dikualifikasi hampir baik, dengan nilai matakuliah tertinggi adalah Menggambar Teknik 2. Sedangkan prestasi matakuliah Perancangan Gedung 1 memiliki nilai rata-rata 69,07 dengan kualifikasi hampir baik. Hambatan-hambatan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas Perancanangan Gedung 1 adalah kurangnya sarana/prasarana dikampus dan kurangnya sarana/prasarana di rumah/kost. Hasil uji hipotesis menunjukkan prestasi matakuliah Konstruksi Baja berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi Perancangan Gedung 1 (sig=0,000 < 0,005). Sedangkan pada prestasi matakuliah Mekanika Teknik, Konstruksi Beton, dan Menggambar Teknik 2 tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi matakuliah Perancangan Gedung 1.