SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TINGKAT KETERCAPAIAN MATERI KURIKULUM MATA PELAJARAN PERANGKAT LUNAK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 6 MALANG

Sulton Trias Bahari.

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Bahari, Sulron Trias. 2017. Tingkat Ketercapaian Materi Kurikulum Mata Pelajaran Perangkat Lunak Kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Banguna SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mujiyono, M.Pd, (2) Drs. Eko Suwarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Silabus, Materi, Ketercapaian materi

 

SMK Negeri 6 Malang merupakan Sekolah unggulan yang ada dikota Malang yang terdapat Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan. Berhubung sekolah yang unggulan, seharusnya silabus harus sesuai/relevan dengan yang diajarkan. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu. Mata pelajaran perangkat lunak menggunakan  aplikasi AutoCad, merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan computer dalam pembentukan model serta ukuran. Materi dalam perangkat lunak adalah gambar bestek, gambar lanjutan dari uraian gambar pra rencana , serta gambar detail dasar dengan skala yang lebih besar. Gambar bestek juga terdiri atas lampiran dari uraian syarat-syarat (bestek) pekerjaan. Ketercapaian ini untuk mengukur Silabus untuk kesesuaian dalam kegiatan pembelajaran apakah siswa bisa menguasai materi selama pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat ketercapain materi kurikulum mata pelajaran perangkat lunak Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Sampel yang digunakan menggunakan sempel jenuh dari kelas XII GB 3 terdapat 32 siswa sedangkan kelas XII GB 4 terdapat 33 siswa jadi dalam penelitian ini terdapat 65 sempel respon. Dalam satu semester terdapat 3 KD, KD 1 Menerapkan Auto Cad terdapat 5 materi, KD 2 mengambar gedung terdapat 18 materi, KD 3 mencetak gambar terdapat 2 materi. Sehingga dalam satu semester terdapat 25 materi, metode penelitian ini menggunakan  instrument angket.

Silabus mata pelajaran perangkat lunak kompetensi keahlian SMK Negeri 6 Malang terdapat 3 KD dalam satu semester. Untuk KD 1 ada 5 materi siswa bisa memahami dengan relevan, KD 2 terdapat 18 materi ada  2 materi yang kurang relevan gambar siteplan dan keyplan sehingga yang relevan ada 16, KD 3 ada 2 materi relevan semua.Siswa kelas XI kompetensi keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang sudah bisa mengoperasikan program Auto Cad. Untuk materi Gambar Bestek dalam satu semester siswa sudah bisa memahami materinya, tetapi ada 2 materi dalam satu semester nilainya kurang terdapat di materi gambar siteplan dan gambar keyplan