SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Desain Sistem Pemanenan Air Hujan pada Daerah Karst (Studi Kasus Dusun Mulyosari Desa Donomulyo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang)

Liling Revita Prihadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dusun Mulyosari Desa Donomulyo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang ini berada di ketinggian ± 480 m diatas permukaan laut. Secara topografi wilayah ini merupakan daerah perbukitan dan dataran rendah yang berbatasan langsung dengan pantai selatan. Daerah ini memiliki jenis tanah yaitu tanah kapur atau karst. Dengan melihat letak geografi dan keadaan tanah, Mulyosari merupakan salah satu wilayah yang sering mengalami krisis air pada musim kemarau. Tujuan penelitian ini untuk menyuplai kebutuhan air minum pada satu keluarga saat musim kemarau.

Penelitian yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan potensi air hujan sebagai sumber air minum pada musim kemarau. Dengan menggunakan metode PAH, air hujan yang jatuh pada luasan atap rumah di tampung pada tangki. Proses selanjutnya air melewati tahap filtrasi untuk dijadikan air minum. Untuk mengetahui debit andalan periode 1 tahun dilakukan analisa berupa perhitungan curah hujan harian periode ulang 1 tahun. Kemudian menghitung kebutuhan air minum selama musim kemarau dalam satu keluarga. Hasil analisa curah hujan rencana dan analisa kebutuhan air minum dapat untuk menghitung kapasitas tangki yang sesuai dengan kebutuhan.

Hujan rencana yang digunakan pada wilayah Mulyosari kala ulang 1 tahun sebesar 177 mm/hari, dengan tipe rumah 54 menghasilkan debit air 0,122 m3/hari. Untuk kebutuhan air minum selama musim kemarau pada rumah tipe 54 dengan penghuni berjumlah 5 orang sebesar 4,5 m3. Desain filter menggunakan alat pipa PVC, stop kran, knee, tee, lem dan dop. Untuk material filter berupa pasir silika, batu zeolit, karbon aktif, dan kapas filter aquarium. Hasil Laboratorium Jasa Tirta 1, kualitas air hujan setelah menggunakan sistem PAH adalah  pH (6,5), Kekeruhan (4,2 NTU), Cl- (85,4 mg/L), NO3- (