SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA WIRAUSAHA SISWA SMKN 6 MALANG

Lukmanul Khakim

Abstrak


ABSTRAK

 

Khakim, Lukmanul. 2017. Pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Wirausaha Siswa Teknik Gambar Bangunan SMKN 6 Malang . Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Isnandar, M.T., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Prakerin, kesiapan kerja wirausaha

 

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan agar lulusan dapat bekerja sesuai dengan bidang keahlianya, oleh karena itu pendidikan kejuruan menyusun program prakerin agar siswa memperoleh pengalaman kerja nyata. Industri memiliki harapan bahwa calon tenaga kerja lulusan pendidikan kejuruan memiliki kompetensi kerja yang baik. Namun kenyataanya banyak lulusan pendidikan kejuruan yang kemampuan kerjanya dianggap kurang oleh industri, sehingga banyak calon tenaga kerja lulusan pendidikan kejuruan kurang terserap di dunia kerja industri. Maka salah satu upaya untuk meminimalisir masalah tersebut adalah dengan berwirausaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri (prakerin) terhadap kesiapan kerja wirausaha SMKN 6 Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket yang disebar untuk menilai 91 peserta didik. Data angket dalam penilitan ini untuk variabel praktik kerja industri dan kesiapan kerja wirausaha siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari deskripsi data, dan uji hipotesis sederhana menggunakan Software SPSS Statistics 17.0.

Hasil analisa data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) praktik kerja industri (prakerin) siswa termasuk dalam kategori sangat baik (2) kesiapan kerja wirausaha siswa termasuk dalam kategori sangat baik (3) praktik kerja industri (prakerin) berpengaruh terhadap kesiapan kerja wirausaha siswa SMKN 6 Malang.