SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Kuat Tekan Kolom Beton Bertulang Berlubang dengan Perbaikan Grouting

Ignasius Julian Purba

Abstrak


ABSTRAK

 

Purba, Ignasius Julian. 2017. Uji Kuat Tekan Kolom Beton Bertulang Berlubang dengan Perbaikan Grouting. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Adjib Karjanto, S.T., M.T, (II) Dr. Nindyawati, S.T., M.T.

 

Kolom merupakan struktur bangunan yang digunakan untuk menopang beban dari balok atau komponen struktur diatasnya dan menyalurkannya ke tanah melalui pondasi. Fungsi kolom yang sangat penting maka kolom harus mampu memikul beban tekan yang tinggi. Namun sering dilakukan pembuatan lubang di kolom baik disengaja untuk memasang angkur canopy ataupun tidak disengaja karena kesalahan pada proses pengecoran kolom. Perbaikan yang sering dilakukan pada kolom yang memiliki lubang adalah dengan cara grouting.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar beban tekan yang mampu ditopang kolom beton bertulang normal, berlubang, dan dengan perbaikan grouting. Kolom beton bertulang memiliki dimensi panjang 15 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 60 cm, kemudian diperlakuan dengan melubangi kolom 1,5” dan akan dilakukan perbaikan grouting. Jenis grout/mortar perbaikan yang digunakan untuk grouting adalah Sika Concrete Repair Mortar. Metode perbaikan grouting dilakukan dengan menuangkan grout ke dalam lubang dengan memanfaatkan gravitasi. Pengambilan data dilakukan di Laboratorium Bahan dan Laboratorium Struktur Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Data hasil penelitian diolah dengan program bantu microsoft excel.

            Hasil beban tekan rata-rata yang mampu ditopang oleh kolom normal adalah sebesar 547,93 kN, kemudian beban tekan rata-rata kolom berlubang adalah sebesar 465,93 kN, dan untuk kolom dengan perbaikan grouting adalah sebesar 596,067 kN. Beban tekan kolom dengan perbaikan grouting lebih besar 21,83% dibandingkan kolom berlubang. Karena kuat tekan grout/mortar perbaikan yang digunakan yaitu Sika Concrete Repair Mortar pada umur 28 hari mencapai 38,41 MPa.