SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Masa Kerja, Golongan, dan Profesionalitas Dosen terhadap Tingkat Berpikir dalam Soal Ujian di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Elfia Najib Kholifiatin, Elfia Najib Kholifiatin

Abstrak


ABSTRAK

 

Kholifiatin, Elfia. N. 2017. Pengaruh Masa Kerja, Golongan, dan Profesionalitas Dosen terhadap Tingkat Berpikir dalam Soal Ujian (Test) di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd, (II) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd

 

Kata Kunci: Masa Kerja, Golongan, Profesionalitas, Tingkat Berpikir

 

Kualitas keluaran perguruan tinggi tidak selalu mampu memecahkan permasalahan dan dapat diterima pada dunia kerja sebagaimana yang diharapkan masyarakat. Rendahnya kualitas keluaran perguruan tinggi salah satunya diakibatkan oleh peran tenaga pengajar (Dosen). Banyak dosen dalam membuat soal ujian belum memperhatikan tingkat ranah kognitif yang High Order Thingking Skill sesuai yang diharapkan untuk mencapai lulusan yang berkualitas.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan masa kerja, golongan, dan tingkat profesionalitas dosen, (2) mendeskripsikan tingkat berpikir dalam soal ujian (test) yang dibuat dosen, (3) mendeskripsikan pengaruh masa kerja dosen terhadap tingkat berpikir dalam soal ujian, (4) mendeskripsikan pengaruh golongan dosen terhadap tingkat berpikir dalam soal ujian, dan (5) mendeskripsikan pengaruh tingkat profesionalitas dosen terhadap tingkat berpikir dalam soal ujian.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang bersifat diskriptif, pada soal ujian matakuliah teori di Jurusan Teknik sipil FT UM tahun 2017. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa angket tertutup tentang profesionalitas pada masing-masing dosen dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dan uji korelasi.

Hasil analisis diperoleh sebagai berikut: (1) sebagian besar dosen sudah mendekati masa pensiun tetapi memiliki banyak pengalaman, sebagian besar dosen sudah mencapai lektor kepala yaitu golongan IVa, IVb, dan IVc sehingga memiliki pengalaman yang banyak juga prestasi, sebagian dosen mencapai tingkat yang profesional, (2) tingkat berpikir dalam soal ujian (test) yang dibuat dosen sudah pada tingkat tinggi (HOTS) dengan kriteria baik dan sudah memenuhi kriteria KKNI untuk perguruan tinggi yaitu tingkat menerapkan, (3) Secara tidak nyata ada kecenderungan masa kerja baru lebih rendah dari masa kerja lama dalam membuat soal ujian yang HOTS, (4) semakin tinggi golongan maka tidak semakin tinggi tingkat berpikir dalam soal ujian (HOTS) yang dibuat, (5) semakin profesional dosen maka tidak semakin tinggi tingkat berpikir dalam soal ujian (HOTS) yang dibuat.