SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisa Efektivitas Penempatan Dinding Geser pada Gedung Mercantile Plaza Tangerang dengan Perencanaan Sistem Ganda

Reinhard Hermawan Lasut

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Lasut, Reinhard Hermawan. 2017. Analisa Efektivitas Penempatan Dinding Geser pada Gedung Mercantile Plaza Tangerang dengan Perencanaan Sistem Ganda. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. B. Sri Umniati, M.T., (II) Ir. Edi Santoso, M.T.

 

Kata Kunci: Dinding geser, penempatan dinding geser, ketidakberaturan struktur, simpangan.

 

Pembangunan gedung bertingkat tinggi yang ada di Indonesia dengan karakteristik yang tidak beraturan banyak ditemukan di wilayah perkotaan. Di Tangerang terdapat gedung bertingkat tinggi dengan karakteristik tidak beraturan yaitu Gedung Mercantile Plaza Tangerang. Gedung Mercantile Plaza Tangerang termasuk bangunan tingkat tinggi dimana harus memperhatikan kekakuan dan kekuatan struktur tersebut. Perencanaan bangunan tinggi pada suatu bangunan membutuhkan elemen struktur pengaku seperti dinding geser. Fungsi dinding geser dalam suatu struktur gedung untuk menahan lantai dan memastikannya tidak runtuh ketika terjadi gaya lateral akibat gempa.

Analisa ini dilakukan dengan membuat 6 pemodelan berdasarkan letak dan posisi dinding geser, dimana dinding geser dimodelkan dengan variasi penempatan yaitu SW 1 – Corewall, SW 2 – Frameall, SW 3 – Bearingwall, SW 4 – Framewall, SW 5 – Framewall (Arah X), SW 6 – Framewall (Arah Y), dengan penempatan yang tepat pada gedung tersebut dapat dimaksimalkan untuk memperoleh respon struktur yang lebih baik. Rancangan dalam analisa ini menggunakan program bantu berbasis elemen hingga untuk mencari respon struktur. Kriteria pada analisa ini meliputi: geser dasar seismik, perioda fundamental struktur, pusat kekakuan dan titik berat massa, ketidakberaturan struktur, kinerja batas layan dan ultimit, simpangan, serta perfomance level menurut Applied Technology Council – 40 (ATC-40).

Kesimpulan hasil analisa perhitungan pada setiap konfigurasi memiliki respon struktur yang berbeda-beda tergantung penempatan dinding geser. Hasil analisa yang telah dilakukan pada SW 5 – Framewall (Arah X) menunjukkan kinerja struktur yang lebih baik karena memiliki nilai simpangan terkecil dimana dinding geser tersebut berfungsi sebagai Framewall dengan simpangan yang terjadi pada lantai atas sebesar 34,91mm. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh simpangan rata-rata yang terjadi sebesar 12,09mm pada SW 5 – Framewall (Arah X).