SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Pengelolaan Limbah Konstruksi Terhadap Kinerja Biaya Proyek Konstruksi di Kota Malang

Fany Shellawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Shellawati, Fany. 2017. Analisis Pengaruh Pengelolaan Limbah Konstruksi Terhadap Kinerja Biaya Proyek Konstruksi di Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T.

 

Limbah konstruksi merupakan sisa hasil proses pembangunan atau pembongkaran bangunan yang tidak digunakan lagi. Faktor penyebab limbah konstruksi yaitu faktor desain, pengadaan material, penanganan material, pelaksanaan di lapangan, residual dan lain-lain. Limbah konstruksi berpengaruh terhadap kelancaran kerja dan kinerja biaya proyek. Pengelolaan limbah konstruksi diantaranya adalah reduce, reuse, recycling dan landfilling. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor terjadinya limbah konstruksi, pengelolaan limbah konstruksi pada proyek konstruksi di Kota Malang, perbedaan pengelolaan limbah konstruksi antara kontraktor kelas besar (B) dengan kelas menengah (M) serta mengetahui pengaruhnya pengelolaan limbah terhadap kinerja biaya proyek.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 13 kontraktor kelas besar (B) dan 40 kontraktor kelas menengah (M) dan masing-masing kontraktor dua responden. Data yang terkumpul sebanyak 90 responden dari 110 responden. Hasil validasi diperoleh 44 pernyataan yang valid dari 50 pernyataan yang disebar. Angket tiap instrumen memiliki reliabilitas yang baik dengan nilai alpha (α) dari variabel sumber limbah sebesar 0,687, variabel pengelolaan limbah sebesar 0,766, dan variabel kinerja biaya proyek sebesar 0,748. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif, analisis Independent t Test serta analisis regresi sederhana menggunakan IBM SPSS  Versi 16.

                                    Hasil analisis data diperoleh: 1) faktor penyebab limbah pada proyek konstruksi yaitu faktor desain 23,9%, penanganan material 22,5%, pengadaan material 19,2%, pelaksanaan 16,6%, residual 11,9%, dan lain-lain 5,88%. 2) upaya pengelolaan limbah pada proyek konstruksi di Kota Malang antara lain: reduce 58,3%, landfilling 26,7%, reuse 7,84%, dan recycling 7,21%. 3) terdapat perbedaan pengelolaan limbah konstruksi antara kontraktor kelas besar (B) dengan rerata skor (mean) 52,12 dan kontraktor kelas menengah (M) dengan rerata skor (mean) 45,69. 4) pengelolaan limbah berpengaruh terhadap kinerja biaya proyek dengan angka determinasi (R2) 0,172 berarti 17,2% biaya proyek dapat dijelaskan oleh variabel pengelolaan limbah.