SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PELAPISAN AKRILIK TERHADAP KUAT LEKAT TULANGAN BAMBU PADA BETON NORMAL

Reno Pratama Adi Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Reno Pratama Adi. 2017.Pengaruh Pelapisan Akrilik terhadap Kuat Lekat Tulangan Bambu pada Beton Normal. Skrispi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Hj.B. Sri Umniati S.T., M.T, (II) Drs. Priyono M.Pd.

 

Kata kunci: Beton, Tulangan bambu, Akrilik, Kuat lekat, Ketahanan terhadap air, Pelapisan.

 

            Penelitian ini membahas tentang penggunaan pelapisan tulangan bambu  ori dengan akrilik untuk meningkatkan kuat lekat dan ketahanan terhadap air yang direbus ±60° C. Penelitian dilakukan dengan membuat mix design beton normal f’c 30 MPa. Pelapisan tulangan bambu dengan akrilik menggunakan 4 permodelan yaitu, tanpa lapisan (permodelan A), 2 lapisan akrilik (permodelan B), 3 lapisan akrilik (permodelan C), dan 4 lapisan akrilik (permodelan D).

            Adapun pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi : kuat lekat tulangan bambu (pull-out), dan ketahanan terhadap air yang direbus ±60° C. Pengujian kuat lekat tulangan bambu benda uji dengan 2 lapisan akrilik mimiliki kuat lekat sebesar 0,65 MPa, untuk benda uji dengan 3 lapisan akrilik mimiliki kuat lekat sebesar 0,90 MPa, dan benda uji dengan 4 lapisan akrilik mimiliki kuat lekat sebesar 0,79 MPa. Sedangkan benda uji tanpa lapisan akrilik mimiliki kuat lekat sebesar 0,63 MPa.

            Pelapisan tulangan bambu dengan akrilik mampu meningkatkan kuat lekat tulangan bambu dan permodelan yang paling efektif adalah permodelan C dengan 3 lapisan akrilik. Pada pengujian ketahanan air yang direbus ±60° C, semua benda uji yang dilapisi akrilik mampu menahan rembesan air sesuai waktu yang ditentukan yaitu sampai 45 menit.

            Penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan lekat tulangan bambu yang dilapisi akrilik lebih tinggi daripada tulangan bambu ori tanpa lapisan akrilik, dan ketahanan terhadap air yang direbus ±60° C tulangan bambu yang dilapisi akrilik lebih tinggi daripada tulangan bambu tanpa lapisan akrilik  sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai cara alternatif meningkatkan kuat lekat tulangan bambu.