SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kuat Lentur Balok Beton Bertulang Dan Kuat Tarik Belah Beton Pada Lama Penggunaan Vibrator Internal

Danang Agus Setiyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kuat lentur dari balok beton bertulang dipengaruhi oleh kuat tekan beton. Ada beberapa cara untuk menambah kuat tekan dari beton dan salah satunya adalah dengan cara pemadatan. Perkembangan ilmu teknologi di bidang konstruksi juga semakin maju, terbukti dari banyaknya alat yang diciptakan untuk mempermudah proses pekerjaan konstruksi termasuk pemadatan.Vibrator Internal merupakan salah satu alat yang diciptakan untuk mempermudah proses pemadatan. Ada perbedaan pendapat tentang durasi pemadatan optimal dari vibrator internal antara 5 sampai 20 detik.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adakah perbedaankuat tarik belah beton dan kuat lentur balok beton bertulang dengan berbagai variasi lama pemakaian vibrator internal dan waktu pemadatan optimal untuk kuat tarik belah dan kuat lentur. Durasi pemadatan yang dipakai pada penelitian ini  adalah 0, 5, 10, 15 dan 20 detik. Metode DOE digunakan dalam merencanakan campuran beton dengan kuat tekan rencana sebesar 30 MPa. Pada penlitian ini menggunakan benda uji berbentuk silinder dengan ukuran 15 cm x 30 cm untuk kuat tarik belah, sedangkan untuk kuat lentur balok beton bertulang memiliki ukuran 15 cm x 10 cm dengan panjang bentang 100 cm. Pemadatan menggunakan vibrator tipe internal dengan frekuensi 12000 rpm (rotation per minute).

Pada penelitian ini terdapat hasil perbedaan kuat lentur balok beton bertulang untuk durasi pemadatan 10 detik dengan 20 detik dan 15 detik dengan 20 detik. Nilai kuat lentur balok beton bertulang untuk durasi pemadatan 10 detik mencapai 57,87 kN, durasi pemadatan 15 detik mencapai 59,13 kN, dan untuk durasi pemadatan 20 detik mencapai 51,50 kN.Terdapat perbedaan kuat tarik belah silinder beton untuk durasi pemadatan 10 detik dengan 20 detik dan 15 detik dengan 20 detik. Nilai kuat tarik belah beton silinder untuk durasi pemadatan 10 detik mencapai 2,780 MPa, durasi pemadatan 15 detik mencapai 2,837 MPa, dan untuk durasi pemadatan 20 detik mencapai 1,855 MPa. Waktu pemadatan optimal untuk kuat tarik belah dan kuat lentur adalah 15 detik.