SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Lentur Balok Beton Bertulang Dengan Perkuatan Carbon Fiber Reinforced Polymer(CFRP)Type Strip Pada Bagian Sisi Kanan Dan Kiri

Ronggo Nur Wahyu Pambudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Beton merupakan material konstruksi yang pada saat ini sudah sangat umum digunakan. Saat ini berbagai bangunan sudah menggunakan material dari beton.Terkadang struktur yang rusak akan langsung dibongkar, padahal masih ada kemungkinan perkuatan pada tingkat kerusakan tertentu. Saat ini telah berkembang metode perkuatan suatu stuktur yang mengalami penurunan atau kerusakan akibat pembebanan yang berlebihan. Salah satumetodeperkuatanyaitudenganmenggunakan material Carbon Fiber Reinforced Polymer(CFRP). Carbon Fiber Reinforced Polymer digunakan pada konstruksi struktur bangunan yang sudah ada. Daya tahan Carbon Fiber Reinforced Polymer(CFRP)yang tinggi dapat digunakan pada lingkugan korosif dimana baja akan mudah berkarat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)beban dan kuat lentur maksimal yang terjadi pada balok beton bertulang tanpa perkuatan, (2) beban dan kuat lentur maksimal yang terjadi pada balok beton bertulang jika mengalami kerusakan dan dilakukan perkuatan didaerah sisi bagian kanan dan kirimenggunakan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP)type strip, (3)pola retakan pada balok setelah diperbaiki dengan Carbon Fiber Reinforced Polymer(CFRP) type strip.

Langkahpengujianinidimulaidariuji material, yaituujitariktulanganbaja Ø10 mm dan Ø6 mm danujikuattekanbetonsilindersebanyak 6 buah. Kemudianpengujiandilanjutkandenganujibalokbetonbertulangsampaiterjadifirst crack (retakpertama),denganpanjang 1000mm x 100 mm x 150 berjumlah 6 buahbalok. BerdasarkanpengujiantersebutbalokbetonmengalamiretaksehinggadilakukanperkuatanmenggunakanCarbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) yang kemudianakandiujilagidengantujuanmencaribebanmaksimalsertakuatlenturpadabalokbetonbertulangperkuatan.

Hasildaripenelitianadalah : (1) hasil beban maksimal pada balok beton tanpa perkuatan sebesar  21,5 kN, dan hasil kuat lentur maksimal sebesar 5,87 kN.m, (2) hasil beban maksimal pada balok beton bertulang dengan perkuatan Carbon Reinforced Polymer (CFRP) pada bagian sisi kanan dan kiri sebesar  36,2 kN dan hasil kuat lentur maksimal sebesar 6,59  kN.m, (3)pola retak yang terjadi pada benda uji balok beton bertulang dengan perkuatan Carbon Reinforced Polymer (CFRP) pada bagian sisi kanan dan kiri adalah pola retak geser lentur, terjadi pada bagian balok yang sebelumnya telah terjadi keretakan lentur, retak geser lentur merupakan perambatan retak miring dari retak lentur yang sudah terjadi sebelumnya.