SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Kota Blitar Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan

Gessy Triea Restapa

Abstrak


ABSTRAK

 

Melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia dapat diperbaiki dengan cara meningkatkan mutu pendidikan agar tercapai keberhasilan belajar yang dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Berdasarkan beberapa faktor utama yang dapat mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah adanya rasa percaya diri siswa dan motivasi. Percaya diri merupakan modal dasar untuk pengembangan dalam aktualisasi diri. Dengan percaya diri siswa akan mengenal dan memahami diri sendiri. Memahami diri sendiri dapat menjadikan diri mejadi lebih baik, namun tidak semua individu memiliki rasa percaya diri yang baik, terkadang adanya rasa minder, malu, serta beranggapan bahwa dirinya tidak memiliki kelebihan sehingga merasa dirinya kurang berharga dan menjadi lebih tertutup terhadap sekitarnya. Motivasi dapat dikatakan sebagai daya gerak pada diri seorang siswa yang akan mengakibatkan tercapainya tujuan belajar. Siswa yang kurang memiliki motivasi dapat berpengaruh dalam pencapaian belajar sehingga siswa kurang memahami dan tidak mengetahui apa yang seharunya dilakukan dalam proses belajar. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan seberapa besar kepercayaan diri, motivasi dan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 114 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik. Hasil validasi berupa angket diperoleh 40 pernyataan yang valid dari 50 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel kepercayaan diri sebesar 0,743, dan variabel motivasi belajar sebesar 0,743 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dengan menggunakan skala likert, dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase, dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 21.

            Hasil analisis data diperoleh: (1) kepercayaan diri diperoleh rata-rata skor 82 termasuk kedalam pencapaian sangat baik (2) motivasi belajar diperoleh rata-rata skor 81 termasuk kedalam sangat baik, dan prestasi belajar diperoleh nilai rata-rata 79,62 masuk dalam pencapain baik.  Hasil penenlitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif atau signifikan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan memperoleh nilai t sebesar -0.626 dengan nilai sig. sebesar 0.533 > 0.05 pada variabel kepercayaan diri, sedangkan pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai t sebesar 0.318 dengan nilai sig sebesar 0.751 > 0.05.