SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap terhadap Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Mata Pelajaran Praktik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Kediri

Nurul Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap merupakan faktor pendorong siswa dalam implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) khususnya pada praktik yang menggunakan mesin-mesin yang mempunyai resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Praktik konstruksi kayu merupakan salah satu mata pelajaran yang melakukan praktik menggunakan mesin atau peralatan kayu yang mempunyai resiko kecelakaan yang besar. Pada mata pelajaran praktik konstruksi kayu sangat diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam implementasi K3)\ agar siswa dapat terhindar dari kecelakaan ditempat kerja. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa SMK dalam implementasi K3 pada mata pelajaran praktik konsttruksi kayu.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 63 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam implementasi K3 pada mata pelajaran praktik konsttruksi kayu di ukur dengan nilai praktik membuat kusen jendela kayu. Hasil validasi berupa angket diperoleh 42 pernyataan yang valid dari 43 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel pengetahuan sebesar 0,752, variabel keterampilan sebesar 0,676, dan variabel sikap sebesar 0,754 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi data dan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Uji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 17.

            Hasil analisis data diperoleh: (1) pengetahuan diperoleh rata-rata 83% termasuk kedalam kriteria tinggi dengan indikator pengetahuan siswa tentang K3 memperoleh skor tertinggi (91%). (2) keterampilan diperoleh skor 91% termasuk kedalam sangat baik dengan indikator keterampilan menggunakan peralatan kayu skor tertinggi (100%) dalam kriteria cukup tinggi. Sedangkan (3) sikap diperoleh skor rata-rata 84% termasuk kriteria cukup tinggi dengan indikator respon terhadap kesehatan pribadi K3 memperoleh skor tertinggi (90%). (4) Implementasi diperoleh skor rata-rata 84,54 termasuk kriteria baik dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji determinasi simultan dan uji hipotesis didapatkan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa SMK dalam implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada mata pelajaran praktik konstruksi kayu berpengaruh sebesar 9,2%.