SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Kuat Tekan Beton Ringan dengan Pemakaian Foam Agent dan Variasi Volume Batu Apung

Sari Fatmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatmawati, Sari. 2017. Uji Kuat Tekan Beton Ringan dengan Pemakaian Foam Agent dan Variasi Volume Batu Apung . Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Karyadi, M.P.,M.T (II) Dr. Nidyawati, S.T., M.T.

 

Kata kunci : Batu Apung, Foam Agent, Beton Ringan, Kuat Tekan, Modulus Elastisitas,

 

Dalam perkembangannya, banyak ditemukan beton baru hasil modifikasi diantaranya yaitu beton ringan. Beton ringan sangat cocok untuk daerah yang memiliki tingkat gempa yang relatif tinggi, karena berat jenis yang lebih kecil dari beton biasa, sehingga dapat mengurangi berat strukturnya. Dalam penelitian ini ada dua jenis agregat yang diringankan yaitu matrik dengan penambahan foam agent tipe GF 1420 sebanyak 0,8 lt/m3 dan agregat kasar dengan menggunakan batu apung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai berat volume, penyerapan air, kuat tekan dan modulus elastisitas beton ringan dengan variasi volume batu apung campuran perbandingan 1: 2: 3 , 1: 2: 4 dan  1: 2: 5 satuan volume.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental berupa pengujian bahan yang dilakukan di Laboraorium Bahan dan Laboratorium Struktur Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pengujian berat volume dan penyerapan air menggunakan alat timbangan digital dengan kapasitas 30 Kg dan ketelitian 0,1 g sedangkan penelitian kuat tekan dan modulus elastisitas menggunakan mesin UTM (Universal Testing Machine) dengan maksimal kekuatan 1000 kN dan ketelitian 0,1 kN. Data hasil penelitian tersebut diolah dengan menggunakan program bantu microsoft excel dan uji anova one way.

Hasil penelitian terdiri dari berat volume, penyerapan air, kuat tekan dan modulus elastisitas. Dari ketiga jenis perlakuan masing-masing di dapatkan hasil penelitian diantaranya pada perbandingan 1:2:3 berat volume sebesar 1574 kg/m3, penyerapan air sebesar 15,07%, kuat tekan sebesar 9,39 MPa dan modulus elastisitas sebesar 7910,70 MPa pada perbandingan 1:2:4 berat volume sebesar 1510 kg/m3, penyerapan air sebesar 10,96%, kuat tekan sebesar 7,45 MPa dan modulus elastisitas sebesar 6631,13 MPa dan pada perbandingan 1:2:5 berat volume sebesar 1415 kg/m3, penyerapan air sebesar 13,43%, kuat tekan sebesar 7,24 MPa dan modulus elastisitas sebesar 6064,76 MPa. Hasil penelitian tertinggi terdapat pada beton ringan dengan perbandingan 1:2:3.