SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor Penyebab Terjadinya Contract Change Order (CCO) dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Sentral Fakultas Pertanian Tahap III Universitas Brawijaya Malang)

Abdullah Afandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Afandi, Abdullah. 2017. Faktor Penyebab Terjadinya Contract Change Order (CCO) dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Sentral Fakultas Pertanian Tahap III Universitas Brawijaya Malang).Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. (II) Drs. Ir. H. Sudomo, M. MT

 

Kata kunci: Proyek Konstruksi,Contract Change Order,Perubahan biaya, Penambahan waktu

Dengan terjadinya contract change order (CCO) pada proyek konstruksi tidak dapat dihindarkan lagi akan memberikan dampak yang negatif secara langsung maupun tidak langsung, baik bagi Owner, Kontraktor dan Pengawas. Contoh dampak langsungnya adalah penambahan dari segi biaya item pekerjaan karena adanya penambahan volume dan material serta waktu, penjadwalan ulang pelaksanaan, pekerjaan ulang yang semula dalam kontrak awal tidak terencanakan.

Berbicara tentang contract change order tidak terlepas juga pada masalah kontrak, pada umumnya jika sudah ada kontrak yang sudah tertanda tanganai maka semua kegiatan pelaksanaan konstruksi berpegang pada kontrak awal. Namun pada kenyataannya sering dijumpainya ketidaksesuaian antara lingkup pekerjaan yang terjadi di lapangan dengan apa yang dikerjakan pada proyek Pembangunan Gedung Sentral Fakultas Pertanian Tahap III Universitas Brawijaya Malang.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya Contract Change Order (CCO). (2) Untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keberlangsungan pelaksanaan proyek konstruksi ditinjau dari segi waktu dan biaya.

 

Langkah awal pada penelitian ini dengan mengumpulkan semua data atau disebut dengan melakukan kajian dokumentasi dan mengelompokan sebab akibat dengan menggunakan influence diagram yang diperoleh dari Kontraktor Pelaksana dan Konsultan Pengawas untuk mengetahui apa yang mendasari terjadinya perubahan kontrak terhadap proyek Gedung Sentral Fakulats Pertanian UB Malang atau CCO, kemudian mengolah semua dokumen untuk mengetahui faktor dan pengaruh CCO terhadap proyek konstruksi. Berdasarkan dokumen berupa RAB, gambar perencanaan dan risalah rapat terdapat 3 faktor terjadinya CCO (1) MC-0, (2) Kondisi lapangan, dan (3) Permintaan owner. Dengan tiga faktor tersebut berpengaruh terhadap perubahan nilai kontrak awal dan perpanjangan waktu penyelesaian proyek.