SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kinerja Profesional Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang

Melin Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Profesional guru adalah sikap yang harus dimiliki oleh semua guru dalam pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan pendidikan. Profesional guru sangat mempengaruhi hasil belajar siswa karena guru harus dituntut menguasai materi dan mengatasi segala masalah dalam proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan seberapa besar kinerja profesional guru dan apakah terdapat pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa jurusan teknik gambar bangunan.

Penelitian ini, berdasarkan sifatnya merupakan penelitian survei, dengan pendekatan kuantitatif yang semua informasi atau data yang diperoleh analisis statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner yang dibuat berdasarkan instrumen profesional guru dan diberikan kepada siswa untuk menilai kinerja profesional guru dalam pembelajaran. Sedangkan dokumentasi berasal dari nilai raport siswa kelas XI mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja profesional guru 75,3 % siswa menjawab dengan kriteria sangat tinggi dan 24,7 % menjawab kriteria tinggi. Sedangkan nilai raport siswa di atas 75 sebesar 93% dinyatakan tuntas dan hanya 7% yang tidak tuntas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov memperoleh hasil signifikansi 0,831 > 0,05 maka data dinyatakan normal. Uji linearitas memperoleh signifikansi sebesar 0,941 > 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikansi antara variabel bebas dan terikat.

 

Hasil perhitungan regresi sederhana memperoleh tabel Coefficients dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (kinerja profesional guru) berpengaruh terhadap variabel terikat (hasil belajar siswa). Dalam hal ini hipotesis ada pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa jurusan teknik gambar bangunan dapat diterima. Terdapat pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa yang memperoleh presentase sebesar 39,6 %. Saran yang diberikan peneliti yaitu guru diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja profesional guru. Guru lebih menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.