SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi SiswaTerhadap Kompetensi Pedagogik,dan Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SekolahMenengah KejuruanNegeri 6 Malang

Nanang Aries Daryanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sebagai seorang pendidik profesional, maka seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menjalankan profesinya. Guru yang profesional akan tercermin dalam pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materimaupun metode. Guru yang profesional akan mampu memotivasi siswa untuk mengoptimalkan potensinya dalam kerangka pencapaian standar pendidikan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi pedagogik,dan kompetensi profesional guru menurut persepsisiswa.

Rancangan penelitian ini memaparkan tentang penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket/kuesioner. Kuesioner yang dibuat berdasarkan instrument kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru, dan diberikan kepada siswa untuk menilai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru menurut persepsi siswa. Hasil validasi berupa angket diperoleh 40 pernyataan yang valid dari 45 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel kompetensi guru 0,918> 0,05 yang berarti reliabel.

 

Hasil penelitian ini sebagai berikut: kompetensi pedagogik guru menurut persepsi siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase capaian skor rerata 75%. Kompetensi profesional guru menurut persepsi siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase capaian skor rerata 76%. Saran yang di berikan peneliti yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru, perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan. Guru yang berkompetensi juga akan meningkatkan kualitas guru dalam mengajar sehingga memiliki berbagai alternatif dalam meraih tujuan pembelajaran