SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah di SMK

Devi Putri Nur Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Devi Putri Nur. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Priyono, M.Pd, (2) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: media audio visual, hasil belajar, ilmu ukur tanah

Berdasarkan hasil observasi di kelas X SMK PGRI 1 Gresik terhadap proses pembelajaran diketahui bahwa materi teori dan praktik Ilmu Ukur Tanah dilapangan tergolong hasil belajarnya masih relatif rendah,hal ini disebabkan dalam menyampaikan materi dan menggambarkan kenyataan dilapangan guru masih kurang berkembang. Sedangkan pada materi ilmu ukur tanah diharuskan mengerti cara penggunaan alat dan macam-macam alat ukur tanah dan membutuhkan alat bantu yang mampu menjelaskan keduanya aspek tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control – Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok  yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media audio visual kepada siswa kelas X TGB 1 dan kelompok kontrol dengan pembelajarannya menggunakan model konvensional kepada kelas X TGB 2. Instrumen yang digunakan adalah tes praktik (tes psikomotorik) yang terdiri dari 7 butir penilaian. Analisis data hasil  belajar dilakukan menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Excel pada taraf signifikansi 5%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa (1)Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media audio visual sebesar 83,256 (kriteria baik), sedangkan rata-rata hasil belajar dengan model konvensional yaitu 77 (kriteria baik), (2) berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung 5,4432 dan ttabel 1,663 hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas X TGB mata pelajaran ilmu ukur tanah SMK PGRI 1 Gresik. Oleh karena itu disarankan bagi guru dalam pembelajaran ilmu ukur tanah menggunakan media audio visual agar hasil belajar siswa dapat maksimal.