SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Mekanika Teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang

Muhamad Dwi Suyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil belajar dapat menjadi indikasi keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi tertentu dan ketuntasan dalam belajar. Salah satu faktor yang menentukan hasil belajar siswa adalah kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mekanika teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang, (2) adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mekanika teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang, (3) adakah pengaruh kompetensi profesional guru dan hasil belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran mekanika teknik Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian survey. Variabel dalam penelitian ini yaitu kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang berjumlah 139 siswa. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh sampel berjumlah 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi (raport siswa) dan kuesioner (angket) sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan program SPSS 17.0.

 

Hasil penelitian dari uji regresi linier berganda diperoleh persamaan yaitu Y =14,782 + 0,380X1 + 0,569X2. Hasil uji regresi variabel kompetensi profesional guru diperoleh nilai thitung 2,036 > ttabel 1,984 yang berarti bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan hasil uji regresi variabel motivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung 2,746 > ttabel 1,984 yang berarti motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji regresi diperoleh nilai Fhitung3,270 > Ftabel3,087 yang berarti kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media/sumber belajar dan secara pribadi siswa harus meningkatkan frekuensi belajarnya secara konstan.