SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK SE-KOTA MALANG

David Putra Widarsyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada dunia pendidikan guru disyaratkan untuk memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Kompetensi yang berpengaruh besardalam mendukung proses pembelajaran yang efektif ialah kompetensi pedagogik dan profesional. Pembelajaran yang efektif akan menimbulkan minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran kewirausahaan. Pentingnya pendidikan kewirausahaan yaitu membekali siswa untuk berwirausaha. Peran guru kewirausahaan yaitu mengkonstruksi minat berwirausaha siswa. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK paket keahlian Teknik Gambar Bangunan Se-Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket tertutup. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil jawaban responden dari pengisian angket. Hasil analisis menunjukan bahwa siswa menilai kompetensi pedagogik guru kewirausahaan 82,66% dengan kriteria sangat baik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan 82,41% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan minat berwirausaha siswa sebesar 81,41% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 10,922+ 0,639 X1 + 0,529 X2 yang menunjukkan bahwa variabel kompetensi pedagogik berpengaruh positif sebesar 0,639 danvariabel kompetensi profesional berpengaruh positif sebesar 0,529. Hasil uji Product Moment Pearson (r) diperoleh (X1) terhadap ( Y) sebesar 0,934 dan (X2) terhadap (Y) sebesar 0,827. Hasil uji koefisien determinasi simultan (R2) diperoleh nilaiAdjusted R Square sebesar 0,283 atau 28,3% dan sisanya 71,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang lain.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh persepsi siswa pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMK paket keahlian Teknik Gambar Bangunan Se-Kota Malang.