SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS HUBUNGAN PENGALAMAN KERJA, UPAH KERJA DAN PRODUKTIVITAS PEKERJA PASANGAN DINDING PADA PEMBANGUNAN PROYEK PUNCAK CBD SURABAYA

Rizky Raesyah Nanda

Abstrak


ABSTRAK

 

Nanda, Rizky, Raesyah. 2017. Analisis Hubungan Pengalaman Kerja, Upah Kerja, dan Produktivitas Pekerja Pasangan Dinding Pada Pembangunan Proyek Puncak CBD, Surabaya. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T., (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Pengalaman Kerja, Upah Kerja, Produktivitas Kerja

Dalam dunia jasa konstruksi, produktivitas tenaga kerja merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu proyek pembangunan. Dengan produktivitas tenaga kerja yang tinggi maka pembangunan suatu proyek akan berjalan dengan lancar dan selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Besarnya tingkat produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah pengalaman kerja dan upah kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengalaman kerja terhadap produktivitas, mengetahui hubungan antara upah kerja terhadap produktivtas pekerja dan juga untuk mengetahui hubungan antara pengalaman kerja dan upah kerja terhadap produktivitas pekerja pasangan dinding.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di pembangunan proyek puncak CBD, Surabaya. Penelitian dilakukan dengan cara mengamati produktivitas pekerja pasangan dinding yang berjumlah 48 orang dan juga disertai pengisian kuesioner untuk memperoleh data pengalaman kerja dan upah kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi product moment dan korelasi berganda.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil simpulan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antara pengalaman kerja dengan produktivitas pekerja pasangan dinding. (2) Terdapat hubungan antara upah kerja dengan produktivitas pekerja pasangan dinding. (3) Terdapat hubungan antara pengalaman kerja, upah kerja dengan produktivitas pekerja pasangan dinding.