SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang Menggunakan Metode Pembelajaran Trade a Problem

Anjelia Natari

Abstrak


ABSTRAK

 

Natari, Anjelia. 2017. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang Menggunakan Metode Pembelajaran Trade a Problem. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. R. M. Sugandi, S.T.,M.T.,(II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T.

 

Kata Kunci : Trade a Problem, Minat Belajar, Prestasi Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya minat dan prestasi belajar siswa. Beberapa hal yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran jika dilihat dari minat siswa antara lain: 1) kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran; 2) pembelajaran terpusat pada guru; 3) metode pembelajaran belum sesuai. Sedangkan pada prestasi belajar terdapat 57,14% siswa yang memiliki nilai tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk perbaikan mutu pembelajaran Konstruksi Bangunan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai. Oleh sebab itu, dalam upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa maka metode pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Trade a Problem.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase minat belajar yang diperoleh dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,72% sedangkan persentase prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34,28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya minat dan prestasi belajar siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 6 Malang menggunakan metode pembelajaran Trade a Problem.