SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Mastery Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Ukur Tanah di Sekolah Menengah Kejuruan

Shally Luthviya

Abstrak


ABSTRAK

 

Luthviya, Shally. 2017. Penerapan Pendekatan Mastery Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Ukur Tanah di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci    : Mastery Learning, Hasil Belajar, Proses Belajar.

Berdasarkan hasil observasi di kelas X TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berorientasi pada guru (teacher oriented).  Selain itu, apabila terdapat peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM), guru tidak memberikan bantuan kepada peserta didik yang bersangkutan untuk memperbaikinya. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai. Dari 28 peserta didik yang mengikuti pre-test terdapat 23 (85,8%) peserta didik yang belum tuntas. Tujuan yang dicapai adalah  mendeskripsikan efektifitas penerapan pendekatan mastery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan guru selama berlangsungnya proses pembelajaran Ilmu Ukur Tanah dengan menerapkan pendekatan mastery learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tulis, tugas mandiri dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas guru serta penerapan pendekatan mastery learning. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan. Subyek penelitian menggunakan peserta didik kelas X TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari yang terdiri dari 28 peserta didik. Penerapan mastery learningI dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: (1) Orientasi, (2) Penyajian, (3) Latihan terstruktur, (4) Latihan terbimbing, dan (5) Latihan mandiri.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan mastery learning dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik dan proses pembelajaran ilmu ukur tanah di kelas X TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari. Hal ini terlihat dari: (1) Persentase ketuntasan pada pra-tindakan, jumlah peserta didik yang tuntas sebesar 14,2%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 89,3% dan pada siklus II naik menjadi 100%. Rata-rata nilai tugas mandiri yang diperoleh peserta didik pada siklus I adalah 94,31 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 98,8. (2) Proses belajar pada siklus I didapat persentase sebesar 78,90% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,72%. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 77,5 % dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%, (4) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 83,93% dan pada siklus II naik menjadi 89,28%.