SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat dan Pengetahuan Awal Tentang Bidang Pekerjaan Konstruksi Bangunan terhadap Pemilihan Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari

Arini Senja Ekawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Minat merupakan faktor pendorong siswa dalam menentukan pemilihan jurusan. Minat dalam diri individu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah pemahaman diri sendiri berupa cita-cita. Sedangkan faktor eksternal adalah yang berasal dari luar, seperti lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan teman sebaya, dan kondisi ekonomi keluarga. Selain minat, pengetahuan awal siswa juga memiliki peran penting dalam pemilihan jurusan terutamanya di SMK program keahlian teknik bangunan. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui minat dan pengetahuan awal peserta didik yang diduga mempengaruhi pemilihan SMK program keahlian teknik bangunan.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 95 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti minat, pengetahahuan awal tentang bidang pekerjaan konstruksi bangunan, dan pemilihan SMK PKTB. Hasil validasi berupa angket diperoleh 52 pernyataan yang valid dari 58 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel minat sebesar 0,731, variabel pengetahuan awal sebesar 0,745, dan variabel pemilihan SMK PKTB sebesar 0,727 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data, dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 21.

 

Hasil analisis data diperoleh: (1) minat peserta didik diperoleh rata-rata 66% termasuk kedalam kriteria cukup tinggi dengan indikator cita-cita memperoleh skor tertinggi (76%). (2) pengetahahuan awal tentang bidang pekerjaan konstruksi bangunan diperoleh rata-rata 78% termasuk kedalam kriteria baik dengan indikator pekerja cat memperoleh skor tertinggi (82%) dalam kriteria cukup tinggi. Sedangkan (3) pemilihan SMK PKTB diperoleh skor rata-rata 78% termasuk kriteria cukup tinggi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji determinasi simultan dan uji hipotesis didapatkan bahwa minat dan pengetahahuan awal tentang bidang pekerjaan konstruksi bangunan berpengaruh simultan terhadap pemilihan SMK PKTB dengan sumbangan pengaruhnya adalah 34%.