SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Manajemen Waktu pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi di Kota Malang

Anis Fitriya

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriya, Anis. 2017. Analisis Manajemen Waktu pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi di Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Neger Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. Suparno, S.T., M.T.

 

Kata kunci: manajemen waktu, proyek konstruksi

Manajemen waktu sangat penting dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Manajemen waktu harus diperhatikan pada saat perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksi, agar pelaksanaan proyek konstruksi tidak menyimpang dengan perencanaan yang telah dibuat. Tanpa adanya manajemen waktu yang baik maka proyek tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen waktu pada pelaksanaan proyek konstruksi di Kota malag.

Pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ada 40 perusahaan jasa pelaksana konstruksi kelas menengah dan 74 perusahaan jasa pelaksana konstruksi kelas kecil di Kota Malang. Untuk pengambilan sampel pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi menggunakan metode random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut dapat diambilm3 perusahaan jasa pelaksana konstruksi kelas menengah12 perusahaan jasa pelaksana konstruksi kelas kecil diKota Malang sebagai sampel pada penelitian ini. Sedangkan sampel dari responden perusahaan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut dapat ditentukan masing – masing perusahaan jasa pelaksana konstruksi diambil 4 responden. Dengan demikian dari perusahaan jasa konstruksi kelas menengah diambil 12 responden dan perusahaan jasa pelaksana konstruksi untuk kelas kecil diambil sebanyak 48 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisn deskriptif, dan teknik analisis regresi.

 

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh hasil simpulan sebagai berikut: (1) Proses manajemen waktu pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi di Kota Malang termasuk dalam kategori sangat baik, (2) Faktor yang menghambat manajemen waktu pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi di Kota Malang adalah ketersedian tenaga kerja, Kota Malang adalah adanya ketersedian tenaga kerja, (3) Manajemen waktu  berpengaruh terhadap penyelesaian proyek konstruksi.