SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

RESIKO-RESIKO EKSTERNAL YANG DI ALAMI PERUSAHAAN JASA KONTRUKSI PADA PROYEK JALAN RAYA DI KAB. MALANG

Ryan Aditya

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam pembangunan jalan raya, kontraktor pasti menghadapi resiko yang dapat merugikan. Resiko dalam pengertian umum dimasyarakat  dapat  diartikan  sebagai terjadinya  hal-hal  yang  merupakan dampak  (negatif)  dari  suatu  aktifitas  atau tindakan dan selalu merugikan. Dalam pelaksanaan proyek jalan raya,  kontraktor tidak bisa menghindari diri dari adanya risiko proyek yang berpeluang mengakibatkan kerugian. Sebagaimana dalam proyek  lain, risiko yang terlibat di dalamnya antara lain risiko eksternal tidak dapat diprediksi dan resiko eksternal dapat diprediksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resiko ekternal yang dialami oleh perusahaan kontraktor jalan di Kabupaten Malang.

Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket. Populasi adalah 127 perusahaan yang terdaftar di Dinas PU Bina Marga. Sampel diambil sebanyak 10% yaitu 13 perusahaan, setiap perusahaan diambil 2 responden, jadi jumlah sampel responden adalah 26 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif.

 

Hasil dari penelitian menyatakan resiko akibat kenaikan harga BBM pada resiko eksternal tidak dapat diprediksi menjadi resiko yang banyak dialami perusahaan kontraktor dengan nilai skor 2,00 dan resiko akibat kenaikan harga setempat, material, dan upah pekerja pada resiko eksternal dapat diprediksi menjadi resiko yang banyak dialami kontraktor dengan nilai skor 2,54. Analisis uji t menunjukan bahwa resiko ekternal yang dialami perusahaan kontraktor menengah dan kecil di Kab. Malang memiliki kesamaan yaitu resiko akibat kenaikan harga BBM dan resiko akibat kenaikan harga setempat, material, dan upah pekerja.