SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK PADA KARBURATOR TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA MEGAPRO

Ferdi Ringga Lana Saputra

Abstrak


ABSTRAK

Saputra, Ferdi Ringga Lana. 2017. Pengaruh Penambahan Velocity Stack pada Karburator terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Megapro. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.

Kata Kunci : velocity stack, daya, konsumsi bahan bakar

Velocity Stack merupakan suatu alat yang berbentuk seperti terompet yang ditempatkan pada saluran udara masuk sebelum karburator, yang berfungsi untuk memperlancar aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar dengan maksud untuk mengurangi efek kerugian udara masuk atau disebut efek Vena Contracta serta aliran udara yang masuk akan semakin lembut dan tekanan udara semakin meningkat.

Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen, dimana variabel bebasnya adalah pemasangan velocity stack pada saluran masuk dan variabel terikatnya adalah daya dan konsumsi bahan bakar yang diperoleh dengan menggunakan dynotest dan gelas ukur di laboratorium AHASS Asia Sulfat. 3500 – 8500 rpm putaran mesin dengan kenaikan 1000 rpm untuk setiap pengamatan digunakan untuk mendapatkan data, kemudian statistik parametrik dengan menggunakan metode paired sample t test digunakan untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 20 untuk windows.

            Berdasarkan hasil penelitian tersebut pemasangan velocity stack dapat memberikan efek positif terhadap daya dan konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Megapro.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Honda Megapro standar yaitu 1,44 Hp pada putaran 3500 rpm, sedangkan daya yang menggunakan Velocity Stackmenghasilkan daya sebesar 2,19 Hp. Pada putaran 8500 rpm daya Honda Megapro standar menghasilkan daya sebesar 13,83 Hp, sedangkan daya yang menggunakan Velocity Stack menghasilkan daya sebesar 14,26 Hp. Untuk konsumsi bahan bakar menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar mesin Honda Megapro yang menggunakan velocity stack  lebih irit jika dibandingkan dengan mesin standar.

Dengan meningkatnya daya setelah pemasangan velocity stack pada rpm 3500 hingga 8500 maka akselerasi mesin akan semakin tinggi, sehingga putaran tinggi akan mudah dicapai dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pada putaran tinggi lebih singkat maka penggunaan Bahan bakar semakin lebih baik.