SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Konflik Terhadap Kesuksesan Proyek Konstruksi di Kota Malang

CAHYA KUSUMA WARDHANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan permasalahan dalam pelaksanaan proyek akan muncul ketika dalam tahap pelaksanaan. Permasalahan ini apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi konflik atau perselisihan antara unsur unsur yang terlibat dalam pelaksanaan proyek tersebut. Konflik merupakan kondisi terjadinya ketidak cocokan antar nilai atau tujuan-tujuan yang ingin dicapai, baik yang ada dalam diri individu maupun dalam hubungannya dengan orang lain. Oleh karena itu perlu pengelolaan konflik agar tidak mempengaruhi kesuksesan proyek. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apa saja sumber konflik, dampak konflik, dan pengaruhnya terhadap waktu dan anggaran biaya proyek pada pelaksanaan proyek.

Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, Sedangkan responden adalah site manejer, estimator, dan pengawas lapangan. Berdasarkan data dari lembaga jasa kostruksi Kota Malang tahun 2017, Jumlah populasi diperoleh 336 perusahaan kontraktor dan diperoleh sampel sebanyak 84 perusahaan kontraktor.Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, dan analisis regresi.

 

Dari hasil penelitian ini diperoleh data penyebab sumber konflik dan dampak konflik adalah proses konstruksi (48.7%), Gambar desain Yang Tidak Lengkap (41.3%), kondisi kontrak (37.7%), psikologis (49,3%) ekonomi (35.3%), sosial  (34.7%), budaya (40.0%), selain itu intensitasvariabel konflik berpengaruh terhadap waktu dan anggaran biaya terhadap kesuksesan proyek.