SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Gambar Bangunan (GB) Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Malang

Minda Rahayu Khairi

Abstrak


ABSTRAK

 

Khairi, Minda Rahayu. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Gambar Bangunan (GB) Sekolah Menengah Kejuruan Nasional Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Boedi Rahardjo, M.Pd., M.T. (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Think-Pair-Share, Prestasi Belajar, Keaktifan Belajar.

Think-Pair-Share adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain. Model ini memperkenalkan ide “waktu berfikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam peningkatan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan. pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share ini lebih relative sederhana karena tidak menyita waktu yang lama untuk mengatur tempat duduk ataupun mengelompokkan siswa. Model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share ini melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui penerapan Model Pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share . (2) meningkatkan Keaktifan belajar siswa pada  mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data diperoleh dari hasil tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa wawancara dan dokumentasi, data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan: (1) Prestasi belajar pada siklus I dengan persentase sebesar 76,67% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 dari 30 siswa, sementara pada siklus II menjadi 86,66% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 dari 30 siswa. (2) Keaktifan belajar pada siklus I memiliki persentase sebesar 77,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,33%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan kelas X GB di SMK Nasional kota Malang.