SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJARB DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN INDUSTRI (TRAINING WITHIN INDUSTRY) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TGB2 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SINGOSARI MALANG

Novri Nggaba Yani

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Yani, Novri Nggaba. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik  Melalui Penerapan Strategi  Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry)  pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TGB 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II) Eko Suwarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Strategi TWI, Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Gambar Teknik.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Penerapan Strategi  Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X TGB 2 SMK Negeri 1 Singosari Malang. (2) Mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industri) pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Singosari Malang. (3) Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Gambar Teknik Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industri) di SMK Negeri 1 Singosari Malang.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Risearch) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refkleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari Malang pada mata pelajaran Gambar Teknik. Subjek penelitian kelas X TGB.2 dengan jumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, unjuk kerja.

Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan (1) Penerapan Strategi  Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) dengan tahapan persiapan, peragaan, peniruan, praktik dan evaluasi dapat terlaksanan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari refleksi yang dilakukan disetiap akhir siklus pembelajaran untuk mengetahui permasalahan yang ditemui pada siklus I dan untuk melakukan upaya perbaikan pada siklus selanjutnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,33% dan siklus II menjadi 100%. (2) Keaktifan peserta didik sebelum tindakan 46,70% pada siklus I meningkat menjadi 61,75% pada siklus II menjadi 75,82%. (3) Hasil belajar Gambar Teknik peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada nilai psikomotor peserta didik yang ditunjukkan dari hasil menggambar yaitu sebelum tindakan hasil menggambar peserta didik  63,33% meningkat menjadi 73,33 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industri) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Teknik Kelas X TGB.2 SMK Negeri 1 Singosari Malang.