SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB 1) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SINGOSARI MALANG

Inul Naimanu

Abstrak


Naimanu, Inul. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB.1 Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Tuntas, Minat belajar, Hasil Belajar, Gambar Teknik

 

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik, (2) Apakah penerapan metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik  dapat meningkatkan Minat Belajar siswa, dan (3) Apakah penerapan metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik  dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa.

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Risearch) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari Malang pada mata pelajaran Gambar Teknik. Subjek penelitian kelas X TGB,1 dengan jumlah 30 Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi.

Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan: 1) Keterlaksanaan Penerapan Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada siklus I presentase sebesar 90,00% dan siklus II menjadi 100% dengan langka-langka sebagai berikut (a) Tahap Orientasi, (b) Tahap Penyajian, (c) Latihan Struktur, (d) Latihan Terbimbing, (e) Latihan Mandiri,dan (f) Penutup. 2) Terjadi Peningkatan Minat Belajar pada pra-tindakan 35,83%, pada siklus I 55,83%, dan pada siklus II menjadi 75,00%. 3) Terjadi Peningkatan Hasil Belajar pada pra-tindakan 50,00%, pada siklus I 56,67% dan pada siklus II presentase menjadi 86,70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning)  dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TGB,1 SMK Negeri 1 Singosari Malang.