SKRIPSI Jurusan Teknik Sipil - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK

Afryanto Nicodemus

Abstrak


Nicodemus, Afryanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: ( I ) Dr. R. M. Sugandi, S.T.,M.T., ( II ) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T.

 

Kata Kunci : Project Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

 

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dalam penelitian pendahuluan dengan guru mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak (MdPL) kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang, diperoleh data motivasi dan prestasi siswa rendah. Siswa cenderung kurang memiliki motivasi untuk mengikuti mata pelajaran tersebut yang menyebabkan prestasi siswa rendah. Hal ini tampak dari hasil pre-test yang diberikan kepada siswa. Dari 27 siswa yang mengikuti pre-test terdapat 22 (81.48 %) siswa yang belum tuntas, sedangkan yang tuntas hanya 5 siswa (18.52 %). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data penelitian diperoleh dari hasil tes tulis, tes keterampilan dan lembar observasi motivasi belajar siswa serta lembar observasi kegiatan guru dengan penerapan model pembelajaran project based learning. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan. Penerapan model pembelajaran project based learning dalam penelitian ini dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu: (1) dimulai dengan pertanyaan esensial, (2) mendesain rencana proyek, (3) membuat jadwal, (4) memonitor peserta didik & memantau perkembangan proyek, (5) menilai hasil, (6) mengevaluasi pengalaman

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learnig dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang. Ada peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas XI GB 2 SMKN 6 Malang pada siklus II sebesar 48.15% dari siklus I. Peningkatan ketuntasan belajar siswa selaras dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 18.18% dari siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang.